Apa Itu NFT Yang Bisa Lelang Barang Tak Berwujud Hingga Rp994 Miliar Menurut Unsyiahpress

Posted on

Dunia digital makin di luar nalar. Setelah bitcoin jadi salah satu ladang emas orang yang melek teknologi, kini ada lagi tren NFT yang mirip kelakar, tapi nyata. NFT atau non-fungible token membuat barang yang tadinya tidak punya nilai menjadi luar biasa mahal.

Baru-baru ini ada sebuah artwork yang dilelang 69 juta dolar AS (sekitar Rp994 miliar) dengan metode NFT ini. Penasaran, kan? Yuk, kita bahas NFT selengkapnya.

Apa Itu NFT?

Dilansir dari unsyiahpress.id seperti namanya, NFT atau non-fungible token adalah sebuah teknologi kripto yang nilainya tidak bisa ditukar. NFT ini bisa dibilang menjadi semacam sertifikat digital dari sebuah foto, video, atau barang apa pun yang berbentuk virtual.

NFT nantinya akan dicatat menggunakan sistem blockchain atau buku besar digital yang mirip dengan jaringan aset kripto lain, seperti Bitcoin atau Ethereum.

Bagaimana contohnya? Mungkin kamu agak kebingungan.

Jadi, jika kamu membeli NFT, katakanlah meme odading Mang Oleh, maka aset tersebut sepenuhnya jadi milikmu.

Akun-akun shitpost lain boleh saja menduplikasi dan menyebarkan video tersebut, namun kode unik (semacam metadata dan sebagainya) di video asli odading tersebut merupakan punya kamu seutuhnya karena kamu sudah memegang sertifikat kepemilikan digital yang disimpan di blockchain tadi.

Beda dengan Bitcoin

Jika sudah familier dengan Bitcoin atau Ethereum, kamu mungkin bertanya lebih berharga mana, NFT atau Bitcoin?

NFT jelas berbeda dari crypto currency tersebut. Seperti namanya, non-fungible artinya tidak bisa ditukarkan. Jadi, misalnya kamu punya satu aset NFT, kamu tidak bisa menukarnya dengan jumlah uang tertentu, misalnya Rp1 miliar karena nilai NFT bergantung pada kamu sebagai penjual dan orang lain sebagai penawar karena sifatnya sebagai barang collectible sehingga harganya pun relatif.

Baca Juga  3 Manfaat Mode Incognito Mode Untuk Browsing Di Internet

Nilainya bergantung pada nilai historis atau keunikan barang tersebut.

Lantas bagaimana cara menjualnya? Untuk saat ini ada berbagai platform lelang yang menyediakan fitur pindah tangan kepemilikan aset NFT ini, seperti Valuables, NiftyGateway, Foundation, dan yang terbaru salah satu badan lelang terbesar dunia, Christie’s.

Karya Seni Senilai Rp994 Miliar

Ngomong-ngomong soal Christie’s, baru-baru ini dunia dikejutkan dengan lelang NFT dengan harga fantastis, yaitu 69 juta dolar AS atau sekitar Rp994 miliar!

Iya, Christie’s baru melelang karya digital dari desainer grafis bernama Mike Winkelmann dengan alias Beeple. Karya seni itu —klaim yang ditentang banyak seniman— hanya berupa kolase dan berjudul Everydays: The First 5000 Days.

Dikutip dari Washington Post, artwork itu jadi karya termahal ketiga buatan seniman yang masih hidup dalam sejarah. Peringkat pertama diduduki karya berjudul Rabbit besutan Jeff Koons yang meraup 91 juta dolar AS pada 2019 lalu. Sementara peringkat kedua dipegang karya berjudul Portrait of an Artist (Pool with Two Figures buatan David Hockney yang dilelang 90 juta dolar AS pada 2018.

Namun, bedanya dua karya tersebut ada wujud fisiknya! Bisa dipegang. Oleh karena itu, lelang NFT Christie’s ini jadi sorotan dunia.

Beeple bukanlah yang pertama

Artwork Beeple itu bukan yang pertama dilelang dalam bentuk NFT. Sebelumnya ada twit pertama pendiri Twitter, Jack Dorsey, yang dilelang di Valuables.

Twit bersejarah dengan kalimat “just setting up my twttr” yang dibuat pada 2006 itu hingga kini masih dilelang dan sudah ditawar sekitar Rp35 miliar.

Elon Musk, sang genius teknologi itu baru-baru ini juga melelang sebuah lagu di Twitter tentang NFT. Hingga kini, lelangan tersebut sudah berada di angka Rp16 miliar.

Baca Juga  Akun FF Sultan

Bahkan meme Nyan Cat dan Bad Luck Brian yang sering seliweran di 9Gag yang sering kamu lihat dulu sudah dilelang penciptanya dengan NFT ini.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai apa itu NFT atau non-fungible token yang wajib kamu tahu. Apa kamu punya karya yang layak dilelang jadi NFT? Cari dulu, siapa tahu cuan, kan